Indonesia perlu belajar sistem pendidikan pada Finlandia



Indonesia perlu belajar sistem pendidikan pada Filandia.
Kita lihat sendiri bagaimana perkembangan pendidikan di tanah air ini. Banyak yang semrawut, dan terkadang pun dianggap tidak penting. Bertolak belakang dengan Finlandia. Disana siswa tidak pernah dipungut sepeserpun untuk belajar di sekolah pendidikan berbeda dengan Indonesai yang mengutamakan biaya dalam menentukan layak tidaknya seorang anak untuk sekolah. Menurut finlandia menarik biaya pada orangtua anak dalam urusan pendidikan sekolah termasuk tindakan melanggar hukum dan bisa dituntut. Sedangkan di indonesia semakin banyak mengeluarkan biaya semakin luas fasilitasnya.
Ujian di sekolah-sekolah finlandia hanya mewajibkan 1 mapel yaitu bahasa finlandia sedangkan untuk mapel ujian yang lain  diserahkan pada siswa untuk memilih mata ujian yang ia kuasai. Finlandia lebih memilih belajar dengan sistem ke aktifan siswa, sekolah tidak pernah melakukan ujian sebagai evaluasi  yang dianggap membebani siswa dalam belajar di sekolah. Maka dari itu, tidak heran jika siswa yang Drop Out hanya 2%.
Menajubkan bukan ?? Dan hal ini perlu direnungkan dan di resapi olah para pemerintah khususnya petinggi di dunia pendidikan.
Karena saya yakin. Indonesia pasti bisa mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh umat.
Kiat perlu Pemimpin yang TEGAS – PEDULI – MERAKYAT
INDONESIA…… MERDEKAA… !!!!!           ^_^


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal Lomba Catur

Laporan Hasil Pengamatan Kepolaran suatu senyawa

Laporan Hasil Pengamatan daya hantar listrik dalam larutan