WANITA DALAM PANDANGAN ISLAM


WANITA DALAM PANDANGAN ISLAM

Quran adalahbentukkasihsayang Allah, yang bertjuanuntukmengeluarkanmanusiadarikegelapanmenujucahaya.Bukanuntukmembebanimanusia, ataumenyulitkanmanusia. Para ulamasepakat, bahwasecaragarisbesar, Al Quran terdiridari 3 bagianbesar, yang pertamaiaberisikantentangrisalahtauhid, yang keduatentangkisah-kisah, dan yang terakhiradalahhukum yang mengaturkehidupanmanusia.

Tentunya, kisah yang adadalam Al Quran bukanlahsekedarkisahuntukdongenganbelaka, tetapi, darisetiapkejadian yang di abadikandalam Al Quran…

Iamengandunghikmah, pelajaran, tuntunan, petunjukbagimanusia.

Karenaitu, hanyabeberapamanusiatertentusaja... yang Allah abadikandalam Al Quran.MerekaadalahparaNabidanRasul, para orang-orang yang sholeh, danjugamanusia-menusia yang mendurhakai Allah agar manusiamengetahuiapaakibatnyajikamerekamendurhakai Allah.

Termasuk di dalamnyaadalahkisahparawanita yang disebutkandalam Al Quran baikiadisebutkansecaralangsung, maupuntidaklangsung..secarasingkatmerekaadalah ;
  • SitiHawa, wanitapertama yang Allah ciptakanuntukmenemani Adam as. Makhluk yang mampumengembanamanahmemberikanketentramanbagiparasuami, melaluipernikahan.
  • Siti Sarah, wanitacantik yang pertama kali berimankepadadakwahNabi Ibrahim. Keteguhanimannyakepada Allah danketaatanpadasuaminya di ujiketikaiadigodaolehseorang Raja yang kaya rayauntukberzina, tetapiiatetapberpegangteguhpadakeimanandanketa’atanpadasuaminya.
  • SitiHajar, wanita yang cantik yang terkenalkarenaketeguhankeiman, ketakwaandantawakalnyakepada Allah. Sehinggahalitu di abadikanoleh Allah dalamsalahsatudalamsyariat haji. Yaitu, sa’i,  berlari-larikecilantarabuktishofadanmarwa.
  • Asiyah, istrifir’aun. Seorangistri yang sholehahdari Raja danpenguasa yang sangatkejam. Kesolehannyadanketeguhanimannya, membuatia di tunjukoleh Allah untukmelindungi Musa kecildariperintahpembunuhan yang di serukanolehsuaminyasendiriyaitufir’aunkepadaseluruhbayilaki-laki yang lahirpadawaktuitu. Dan keimannyakepada Allah samasekalitidakterpengaruh, walaupuniahidupdalamlingkungan yang musyrikkepada Allah
  • Ibunda Musa, adalahsosokibu yang relaberkorban demi keselamatananaknya, sangatsabardalammembesarkananaknya, walaupuniaharusrelamelepaskananaknyauntuk di adopsiolehasiyah.
  • RatuBalqis, seorangwanitapenguasa yang kaya raya yang dapatmenaklukankesombongannyadirinyauntukmenerimakebenaran yang datangdari Allah melaluiDakwahNabiSulaiman as. Dirinyatidakragu-raguuntuk  meninggalkankekafirandanmengikutidakwahNabiSulaiman as, untukmenyembah Allah swtdanhidupsesuaidengansyariat yang ditetapkanoleh Allah.
  • Maryam, adalahsatucontohwanitasholehah yang terlahirdarikeluarga yang sholeh, Keluarga yang di abadikandalam Al Quran melaluisurat Ali Imran. Maryam sendiri, di abadikanoleh Allah melaluisurat Maryam. Keteguhandanketakwaannyakepada Allah dalammenjalanikehidupanmembuatdirinyadijadikancontoholeh Allah untukkaumwanitapadaumumnya.
  • ‘Aisyah, adalahistriRasulullah saw yang dengankesabarannyadanketeguhannyabertawakalkepada Allah dalammenghadapifitnahdanujian yang sempatmelandarumahtangga yang disebarkanolehkaummunafiqpadawaktuitu. Keteguhannyadankesabarannyadiabadikanoleh Allah yang bisakitatemukandalamsuratAnnurayat 11 -14, yang sekaligusmembebaskan ‘Aisyahdarituduhan yang tidakbenarterhadapdirinya.

Tidakhanyamereka yang sholeh yang di abadikandalam AL Quran untukmenjadisumberinspirasibagikehidupankaumwanita, dalambeberapaayatnya, Al Quran jugamengabadikankaumwanita yang celaka, agar apa yang merekalakukandapatdijadikanpelajaranbagikaumsesudahnya, merekaadalah ;

  • IstriNabiNuh, IstriNabiLuth, adalahwanita-wanitadurhaka. WalaupunmerekaadalahistriparaNabi, tetapi, merekamengambilpilihanuntukmendurhakai Allah danparasuamimereka.
  • Demikian pula denganZulaikhaIstriFiraun, yang mencobamembuatfitnah yang besarterhadapnabiyusuf. Kisah yang saratdenganhikmahtentangpengendaliandiridarihawanafsu, menjauhiperzinahan, danhal lain yang dapatmembawakeburukanjikakaumwanitaterjerat di dalamnya.
Sesungguhnya, masihbanyakhikmah yang bisakitaambildarikisah yang di abadikandalam Al Quran.Dari sebagiankecil yang disampaikantadiadalahmerupakanbuktibahwakaumwanita yang Allah abadikandalam Al Quran, dapatmencapaikemuliaansebagaimanakaumpria... di sisi Allah.

Dari kisah yang mengandunghikmah, petunjuk, tuntunan, danperingatantersebutadalahkemudahan yang Allah berikankepadamanusiabagimereka yang maumengambilpelajarandarinya, halinisebagaimanaayat ;
"Dan sesungguhnyatelah Kami mudahkan Al Quran untukpelajaran, makaadakah orang yang mengambilpelajaran?" (QS : 54 : 40)

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal Lomba Catur

Laporan Hasil Pengamatan Kepolaran suatu senyawa

Laporan Hasil Pengamatan daya hantar listrik dalam larutan